20100706

JUS BIT KURANGI RISIKO SAKIT JANTUNG

Warnanya yang menyerupai darah dan rasanya yang sedikit tidak enak di lidah sebaiknya tidak membuat Anda menyerah meneguk jus bit. Pasalnya, jus satu ini bisa menyelamatkan hidup.
Jus berwarna merah cerah ini mengandung zat kimia nitrat. Komponen ini secara dramatis mengurangi tekanan darah, risiko penyakit jantung dan stroke. Pasien yang minum segelas jus bit sehari mengalami penurunan tekanan darah signifikan hanya dalam waktu 24 jam kemudian.
Temuan yang dipublikasikan di Hypertension, jurnal Asosiasi Jantung Amerika, ini, memaparkan bahwa jus bit bisa digunakan sebagai pengobatan.
Dalam studi ini, peneliti dari William Harvey Research Institute di Queen Mary University, London, membandingkan pasien yang diberikan 250 mililiter jus bit sehari dengan pasien yang menggunakan tablet nitrat. Peneliti menemukan, kedua metode ini mempunyai tingkat kesuksesan setara dalam mengurangi tekanan darah.
Efek penurun tekanan darah ini, menurut peneliti, disebabkan oleh kandungan nitrat alami dalam bit. Nitrat menghasilkan gas yang dikenal dengan oksida nitrat dalam darah. Gas ini bekerja memperluas pembuluh darah dan arteri serta menurunkan tekanan darah.
"Kami menunjukkan bahwa bit dan kapsul nitrat sama-sama efektif dalam menurunkan tekanan darah. Hal in mengindikasikan bahwa kandungan nitrat dalam jus bit merupakan komponen yang berpotensi mengurangi tekanan darah," tutur Amrita Ahluwalia dari William Harvey Research Institute, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Selasa (29/6).
Selain itu, lanjut Ahluwalia, efek ini bisa didapat hanya dengan minum jus bit dalam jumlah kecil (250 ml). Dan semakin tinggi tekanan darah di awal studi, semakin besar penurunan yang disebabkan oleh nitrat.
"Studi kami dua tahun lalu menemukan bahwa minum jus bit bisa menurunkan tekanan darah. Dan sekarang kami sudah tahu cara kerjanya."
Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa minum jus bit bisa meningkatkan stamina. Tahun lalu, peneliti dari University of Exeter dan Peninsula Medical School menemukan bahwa jus bit mempunyai efek yang sama dengan latihan fisik intensitas tinggi. (IK/OL-06)
(Sumber : mediaindonesia.com - Penulis : Ikarowina Tarigan)

2 komentar:

  1. Nic,

    Elu sekarang jualan jamu yah?
    Bit enak sih, gw suka godok dng ayam & makan sama nasi, enak banget tuh.....
    Kl bisa kurangi darting gw mau coba di"Jus" adeh deh....biar efektif.

    Thanks atas kirimannya.
    Sam

    BalasHapus
  2. Mantab blognya bos

    BalasHapus